by

Operasi Keselamatan Rinjani 2022 Polres Lobar, Subsatgas Binluh Maksimalkan Kegiatan Preemtif

Lombok Barat, NTB – Sub Satuan Tugas (Satgas) Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) Operasi Keselamatan Rinjani 2022 Polres Lombok Barat, Polda NTB, gencar melakukan edukasi, Sabtu (14/5/2022).

Kasat Binmas Polres Lombok Barat AKP Wahyu Indrawan, S. Sos mengatakan cara bertindak Sub Satgas Binluh lebih memfokuskan melalui kegiatan Preemtif.

“Memberikan Himbauan Kepada Pengguna Jalan. Baik Pengendara Roda Dua, Roda Empat dan atau lebih, untuk selalu mematuhi Peraturan Lalu- lintas. Sebagaimana tertuang dalam UU RI No. 22 tahun 2009 tentang Lalu – lintas dan Angkutan Jalan,” ungkapnya.

Secara spesifik, Kasat Binmas menghimbau untuk pengendara Roda Dua agar melengkapi Kelengkapan dalam berkendara.

“Agar selalu memakai Helm SNI, untuk keselamatan dalam berkendara. Yang mana kecelakaan lalulintas fatal terjadi sebagian besar terhadap pengendara roda dua tanpa helm,” terangnya.

Kemudian untuk selalu membawa kelengkapan surat-sirat kendaraan seperti STNK, serta memiliki dan membawa SIM C.

“Kelnegkapan komponen kendaraan juga penting seperti spion, maupun kelengkapan kendaraan lainnya,” imbuhnya.

Demikian juga untuk pengendara Roda Empat atau lebih untuk pengemudi agar selalu menggunakan Septy Belt atau Sabuk Pengaman.

“Ini penting untuk keselamatan, yang mana pengemudi sering kali mengabaikan ini. Padahal ini penting untuk melindungi pengemudi maupun penumpang lainnya,” imbuhnya.

Terkait pengguna jalan khususnya pengendara roda empat atau lebih, Kasat Binmas juga menghimbau agar jangan menggunakan bak terbuka untuk mengangkut orang.

“Ini juga seringkali menjadi penyebab fatalitas kecelakaan lalulintas, dalam penggunaan kendaraan yang bukan peruntukannya,” ujarnya.

Kemudian juga menghimbau untuk membawa kelengkapan dalam berkendara yaitu SIM A/umum, B /B1/B2, sesuai dengan peruntukannya.

“Termasuk jangan sampai lupa membawa STNK, dan Kelengkapan Komponen Kendaraan juga agar melengkapinya,” katanya.

Dalam kegiatan Operasi Keselamatan Rinjani 2022 Polres Lobar ini, juga merangkaikannya dengan melakukan himbauan untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes)

“Tim juga Menghimbau agar semua Pengendara untuk tetap disiplin dalam menerapkan Prokes Pencegahan Covid 19, terutama dalam memakai Masker,” imbaunya.

Kegiatan Operasi kali ini bertempat di Bundaran GMS, Beleka, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *